Langsung ke konten utama

Pelajaran dari segelas kopi

Bismillahirrahmanirrahim

Kali ini saya mau membagikan sebuah kisah inspiratif, dan semoga kita semua dapat memperoleh hikmah dari kisah ini



" NGUPI "





Kyai : Tolong buatkan kopi dua gelas untuk kita berdua, tapi gulanya jangan                engkau tuang dulu, bawa saja ke mari beserta wadahnya.

Santri : Baik, kyai.


Tidak berapa lama, sang santri sudah membawa dua gelas kopi yang masih hangat dan gula di dalam wadahnya beserta sendok kecil.


Kyai : Cobalah kamu rasakan kopimu nak , bagaimana rasa kopimu?

Santri : rasanya sangat pahit sekali kyai

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : Rasa pahitnya sudah mulai berkurang, kyai.

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : Rasa pahitnya sudah berkurang banyak, kyai.

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : Rasa manis mulai terasa tapi rasa pahit juga masih sedikit terasa, kyai.

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : Rasa pahit kopi sudah tidak terasa, yang ada rasa manis, kyai.

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : sangat manis sekali, kyai.

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : Terlalu manis. Malah tidak enak, kyai.

Kyai : Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

Santri : rasa kopinya jadi tidak enak, lebih enak saat ada rasa pahit kopi dan manis gulanya sama-sama terasa, kyai.

Kyai : Ketahuilah nak.. pelajaran yg dapat kita ambil dari contoh ini adalah.. jika rasa pahit kopi ibarat kemiskinan hidup kita, dan rasa manis gula ibarat kekayaan harta, lalu menurutmu kenikmatan hidup itu sebaiknya seperti apa nak?

Sejenak sang santri termenung, lalu menjawab.

Santri : Ya kyai, sekarang saya mulai mengerti, bahwa kenikmatan hidup dapat kita rasakan, jika kita dapat merasakan hidup seperlunya, tidak melampaui batas. Terimakasih atas pelajaran ini, kyai.

Kyai : Ayo santriku, kopi yg sudah kamu beri gula tadi, campurkan dengan kopi yang belum kamu beri gula, aduklah, lalu tuangkan dalam kedua gelas ini, lalu kita nikmati segelas kopi ini.

Sang santri lalu mengerjakan perintah kyai.

Kyai : Bagaimana rasanya?

Santri : rasanya nikmat, kyai...

Kyai : Begitu pula jika engkau memiliki kelebihan harta, akan terasa nikmat bila engkau mau membaginya dengan org2 yang kekurangan.

Santri : Terima kasih atas petuahnya, kyai.

Selamat ngopi....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN KPR DIRECT OWNER vs KPR BANK SYARIAH vs KONVENSIONAL

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Dipostingan kali ini saya akan menjelaskan model KPR antara KPR Direct Owner, KPR Bank Syariah dan KPR Bank Konvensional. Sebelum pembahasan lebih lanjut mengenai perbedaan saya akan jelaskan profil masing-masing pihak...(kaya debat Cawagub aja....hehehe) KPR DIRECT OWNER yaitu kredit kepemilikan rumah/tanah yang dilakukan oleh perorangan langsung ke konsumen/pembeli. Biasanya yang dijual hanya tanah yang nantinya dibangun oleh pembeli sendiri atau sama pengelolah kavlingnya. Tapi sekarang ini banyak juga yang jual bersama bangunannya. Dimana pihak perorangan ini bertindak sebagai penjual dan juga sebagai pemberi kredit KPR BANK SYARIAH yaitu kredit kepemilikan rumah yang dilakukan antara pihak pembeli, developer dan Bank Syariah, dimana pihak developer sebagai pihak penjual dan Bank Syariah sebagai pihak pembeli yang nanti dijual kembali ke konsumen yang mengajukan kredit. KPR BANK KONVENSIONAL

AFARA FIRST HILLS BOGOR

Hadir dengan konsep yang MENAKJUBKAN 100%  transaksi jual beli murni Apa itu Jual Beli murni? Dimana akad perjanjian adalah jual beli antara anda dengan pemilik. Apa keuntungan membeli rumah di Afara First Hills Bogor 1. Tanpa RIBA Jumlah total cicilan sama dengan jumlah harga diakad jual beli, Oleh karena itu harga cicilan sudah pasti flat sampai akhir cicilan 2. Tidak ada DENDA keterlambatan Dalam jual beli kredit maka sejatinya adalah hutang piutang. Jadi jika harga sudah di akadkan maka tidak boleh ada kelebihan sedikitpun baik dinamakan denda, administrasi atau bahkan infaq sekalipun. Karena ini termasuk mengambil manfaat dari hutang piutang yaitu riba. 3. Tidak ada SITA Karena rumah tersebut sudah sepenuhnya milik pembeli walaupun masih kredit. Jika pembeli tidak sanggup mencicil lagi? Solusinya adalah pembeli ditawarkan untuk menjual rumahnya baik lewat pembeli atau dengan bantuan owner. 4. Tidak ada PENALTY Jika pembeli mempercepat pelunasa

Pengertian Riba, Apa itu Riba?

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Ini adalah postingan pertama saya, di blog baru ini yang saya beri nama Free Riba (Bebas Riba) setelah pusing untuk mencari-cari nama blog yang sesuai dengan tujuan yang mau saya sampaikan dalam membuat tulisan-tulisan pemikiran saya, akhirnya mendapatkan alamat yang tepat dan mudah diingiat dan di akses yaitu "www.freeriba.blogspot.com" Ya sesuai dengan nama blog yang saya buat. Blog ini akan membahas tentang masalah riba dan solusi dari riba. Niat tujuan saya untuk menyampaikan kepada seluruh umat Islam dan yang lainnya tentang bahaya dari riba, dan memberikan beberapa solusi dari permasalahan riba ini. Agar kita semua terhindar dari siksaan Allah SWT dan mendapatkan rahmat serta berkahnya...Aamiin Dipostingan awal ini saya ingin menjelaskan Kenapa Riba? ada apa dengan Riba? Pertama kita harus mengerti apa itu riba: Pengertian riba dari segi bahasa adalah “Tambah”, karena sal